Buah Naga: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Mengkonsumsinya

Buah Naga: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Mengkonsumsinya

Buah Naga

Apa itu Buah Naga dan Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

Buah naga adalah buah tropis yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun orang-orang terutama menikmatinya karena tampilan dan rasanya yang unik, bukti menunjukkan itu dapat memberikan manfaat kesehatan juga.

Artikel ini membahas buah naga, termasuk nutrisi, manfaatnya, dan cara memakannya.

Apa itu Buah Naga?

Buah naga tumbuh di Hylocereus cactus, juga dikenal sebagai ratu Honolulu, yang bunganya hanya terbuka di malam hari.

Tanaman ini berasal dari Meksiko selatan dan Amerika Tengah. Hari ini, tumbuh di seluruh dunia.

Ini berjalan dengan banyak nama, termasuk pitaya, pitahaya, dan strawberry pear.

Dua jenis yang paling umum memiliki kulit merah cerah dengan sisik hijau yang menyerupai naga - karena itulah namanya.

Varietas yang paling banyak tersedia adalah bubur putih dengan biji hitam, meskipun jenis yang kurang umum dengan bubur merah dan biji hitam juga ada.

Varietas lain - disebut sebagai buah naga kuning - memiliki kulit kuning dan bubur putih dengan biji hitam.

Buah naga mungkin terlihat eksotis, tetapi rasanya mirip dengan buah lainnya. Rasanya telah digambarkan sebagai persilangan manis antara kiwi dan pir.

Buah naga adalah buah tropis asli Meksiko dan Amerika Tengah. Rasanya seperti kombinasi kiwi dan pir.

Fakta nutrisi

Buah naga mengandung sejumlah kecil nutrisi. Ini juga merupakan sumber zat besi, magnesium, dan serat yang layak.

Berikut ini adalah fakta nutrisi untuk satu porsi 3,5 ons, atau 100 gram (1):
  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 3% dari RDI
  • Besi: 4% dari RDI
  • Magnesium: 10% dari RDI

Mengingat jumlah serat dan magnesium yang tinggi, serta kandungan kalori yang sangat rendah, buah naga dapat dianggap sebagai buah yang sangat kaya nutrisi.

Buah naga adalah buah rendah kalori yang tinggi serat dan menyediakan sejumlah vitamin dan mineral.

Menyediakan Beberapa Antioksidan

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan.

Ini adalah senyawa yang melindungi sel-sel Anda dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan penyakit kronis dan penuaan (2).

Ini adalah beberapa antioksidan utama yang terkandung dalam bubur buah naga (3):
  • Betalains: Ditemukan dalam pulp buah naga merah, pigmen merah tua ini telah terbukti melindungi kolesterol jahat LDL dari teroksidasi atau rusak (4).
  • Hydroxycinnamates: Kelompok senyawa ini telah menunjukkan aktivitas antikanker dalam studi tabung dan hewan (5).
  • Flavonoid: Kelompok antioksidan yang besar dan beragam ini dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik dan pengurangan risiko penyakit jantung (6, 7, 8).

Satu studi membandingkan sifat antioksidan dari 17 buah dan buah tropis.

Sementara kapasitas antioksidan buah naga tidak terlalu tinggi, ternyata yang terbaik untuk melindungi asam lemak tertentu dari kerusakan radikal bebas (9, 10).

Buah naga mengandung beberapa antioksidan yang melindungi sel-sel Anda dari kerusakan. Ini termasuk betalains, hidroksisinamat, dan flavonoid.

Potensi Manfaat Kesehatan

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah naga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Banyak dari ini kemungkinan karena kandungan serat dan antioksidannya.

Kedua varietas merah dan putih buah naga telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan hati berlemak pada tikus gemuk (11, 12, 13).

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diet tinggi lemak yang menerima ekstrak buah bertambah lebih sedikit dan mengalami pengurangan lemak hati, resistensi insulin, dan peradangan, yang sebagian disebabkan oleh perubahan menguntungkan pada bakteri usus (13).

Buah naga mengandung serat prebiotik yang meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus Anda - berpotensi meningkatkan kesehatan metabolisme (14).

Meskipun buah ini dapat meningkatkan fitur tertentu dari sindrom metabolik - suatu kondisi yang berhubungan dengan diabetes tipe 2 - tidak semua efek mungkin menguntungkan.

Dalam sebuah studi pada tikus pada diet tinggi lemak, tinggi karbohidrat, kelompok yang menerima jus buah naga memiliki respons gula darah yang lebih baik dan pengurangan pada beberapa penanda enzim hati, sementara penanda enzim hati lainnya meningkat secara signifikan (15).

Dalam penelitian lain, tikus dengan diabetes yang diobati dengan ekstrak dari buah tersebut mengalami pengurangan 35% malondialdehyde, penanda kerusakan akibat radikal bebas. Mereka juga memiliki lebih sedikit kekakuan arteri, dibandingkan dengan kelompok kontrol (16).

Hasil studi tentang efek buah naga pada diabetes tipe 2 pada orang tidak konsisten, dan lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengkonfirmasi efek menguntungkan ini (17).

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah naga dapat meningkatkan resistensi insulin, lemak hati, dan kesehatan jantung. Namun, hasil penelitian pada manusia tidak konsisten.

Dampak buruk

Secara keseluruhan, buah naga tampaknya aman. Namun, orang mungkin mengalami reaksi alergi dalam beberapa kasus yang jarang terjadi.

Dalam dua kasus, wanita yang tidak memiliki riwayat alergi makanan mengembangkan reaksi anafilaksis setelah mengonsumsi campuran buah yang mengandung buah naga. Pengujian mengkonfirmasi bahwa mereka memiliki antibodi terhadap buah naga dalam darah mereka (18, 19).

Ini adalah hanya dua reaksi alergi yang dilaporkan pada saat ini, tetapi orang lain mungkin alergi terhadap buah ini tanpa menyadarinya.

Sampai saat ini, ada dua kasus reaksi alergi yang parah terhadap buah naga.

Bagaimana cara memakannya

Meski terlihat menakutkan, buah naga sangat mudah dikonsumsi.

Berikut cara memakan buah naga:
  • Pilih buah matang dengan warna merah terang, kulit merata yang memberi sedikit ketika diperas.
  • Gunakan pisau tajam dan potong lurus buahnya, potong menjadi dua.
  • Anda bisa menggunakan sendok untuk memakan buahnya dari kulit atau mengelupas kulitnya dan mengirisnya menjadi potongan-potongan kecil.

Gagasan untuk menyajikan buah naga:
  • Cukup iris dan makan apa adanya.
  • Potong-potong kecil-kecil dan tambahkan yogurt Yunani dan kacang cincang.
  • Sertakan dalam salad.

Buah naga mudah disiapkan dan dapat dinikmati sendiri atau dipasangkan dengan makanan lain dalam resep sehat.

Yang harus digaris bahawahi

Buah naga adalah buah rendah kalori yang mengandung lebih sedikit gula dan karbohidrat lebih sedikit daripada banyak buah tropis lainnya.

Ini mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan, tetapi studi pada manusia diperlukan untuk memverifikasi ini.

Secara keseluruhan, buah naga unik, sangat lezat, dan dapat menambah variasi untuk diet Anda.

Posting Komentar

Artikel Terkait