Cara Berhenti Berkeringat: 9 Cara yang Mudah

Cara Berhenti Berkeringat: 9 Cara yang Mudah

Cara Berhenti Berkeringat

9 Cara untuk Berhenti Berkeringat

Berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhu. Saat kami panas, kami berkeringat. Kelembapan itu kemudian menguap dan mendinginkan kita. Berkeringat adalah bagian yang sepenuhnya alami dari kehidupan sehari-hari.

Namun, beberapa orang mungkin menemukan keringat yang tidak diinginkan dalam situasi sosial tertentu, terutama jika keringat mereka meninggalkan bercak atau noda lembab. Dalam situasi ini, ada beberapa strategi yang dapat membantu mengurangi jumlah keringat yang ada pada Anda.

Oleskan antiperspirant sebelum tidur

Antiperspirant bekerja dengan menghalangi saluran keringat sehingga keringat tidak bisa mencapai permukaan kulit kita. Keringat masih diproduksi oleh kelenjar, tetapi tidak dapat mencapai permukaan.

Deodoran tidak mencegah keringat tetapi sebaliknya bertujuan untuk menutupi bau yang dihasilkan oleh bakteri ketika kita berkeringat. Terkadang antiperspirant mengandung deodoran. Mayoritas antiperspirant yang dapat Anda beli di apotek terdiri dari garam logam yang disebut aluminium klorida.

Untuk hasil terbaik dari antiperspirant Anda, pastikan ketiak Anda bersih dan kering, lalu oleskan pada malam hari sebelum tidur. Ini karena ramuan membutuhkan waktu untuk membuat blok di atas saluran keringat dan kebanyakan orang kurang berkeringat, atau tidak sama sekali, pada malam hari.

Ini mungkin tidak bekerja dengan segera, tetapi patuhi rutin ini selama beberapa malam dan Anda harus mencapai hasil yang diinginkan. Setelah antiperspirant mulai berlaku, itu dapat diterapkan sesuai kebutuhan.

Pakailah kain yang bisa menyerap (berasimilasi)

Cara terbaik untuk membantu mengurangi berkeringat dengan pilihan pakaian Anda adalah dengan mengenakan kain ringan dan menyerap dengan ventilasi yang baik. Warna-warna yang lebih terang juga membantu memantulkan sinar matahari daripada menyerapnya, jadi mengenakan warna putih dapat membantu Anda tetap dingin dan mengurangi keringat.

Saat ini bukan pilihan, pilih warna gelap atau pola mengganggu yang menyembunyikan keringat. Anda juga dapat melapisi pakaian Anda sehingga keringat tidak terlihat di lapisan luar. Berikut adalah beberapa tips untuk berpakaian saat Anda berkeringat berlebihan.

Hindari makanan tertentu

Ada beberapa pilihan makanan yang mungkin ingin Anda hindari jika Anda keluar untuk makan siang bisnis atau dalam situasi sosial di mana Anda lebih suka tidak berkeringat. Pasti menghindari makanan pedas. Tubuh kita bereaksi terhadap makanan pedas dengan cara yang sama mereka lakukan terhadap panas lainnya - mereka mencoba mendinginkannya, yang menyebabkan berkeringat.

Kafein juga tidak dianjurkan karena merangsang kelenjar adrenalin kita dan menyebabkan telapak tangan, kaki, dan ketiak kita berkeringat.

Tetap tenang

Berkeringat adalah cara tubuh Anda untuk mendinginkan Anda. Jadi dengan tetap tenang, Anda mengurangi kebutuhan untuk berkeringat.

Dalam cuaca panas, akan sangat efektif untuk menempatkan semangkuk es di depan kipas angin untuk mengalirkan udara dingin di sekitar ruangan. Ide bagus lainnya adalah menjaga tirai dan kerai Anda tertutup di siang hari untuk mencegah sinar matahari dari panas ruangan Anda. Cobalah untuk tetap berada di tempat teduh jika Anda berada di luar ruangan.

Makan makanan kecil lebih teratur dapat membantu Anda tetap dingin, karena panas metabolik diperlukan untuk memecah makanan. Tetap terhidrasi dengan baik juga akan menjaga suhu tubuh Anda.

Anda juga bisa menyimpan pelembab di lemari es untuk efek pendinginan saat Anda menerapkannya. Dapatkan sendiri kipas tangan dan jaga agar kepala dan kaki Anda tetap dingin dengan menghindari topi dan memakai sepatu terbuka saat cuaca memungkinkan.

Perawatan medis

Jika Anda merasa keringat berlebih, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi yang disebut hiperhidrosis. Jika Anda melakukannya, ada beberapa opsi perawatan yang tersedia untuk Anda:
  • Antiperspirant resep. Dokter Anda dapat meresepkan antiperspirant resep kekuatan tinggi yang tidak tersedia untuk dibeli di konter. Krim resep juga tersedia jika wajah dan kepala Anda terpengaruh.
  • Obat oral. Ada beberapa obat yang tersedia dari dokter Anda yang memblokir bahan kimia yang memungkinkan saraf tertentu untuk berkomunikasi satu sama lain, yang dapat membantu mengurangi keringat. Ada beberapa efek samping potensial (termasuk masalah kandung kemih, mulut kering, dan penglihatan kabur), jadi bicarakan dengan dokter Anda apakah manfaatnya lebih besar daripada risikonya.
  • Antidepresan. Kecemasan dapat menyebabkan keringat berlebih. Dokter Anda mungkin meresepkan antidepresan jika mereka merasa ini berkontribusi terhadap masalah Anda.
  • Suntikan Botox. Suntikan ini sementara memblokir saraf yang menyebabkan berkeringat. Suntikan berlangsung selama 6 hingga 12 bulan, setelah itu, perawatan perlu diulang. Suntikan dapat menyebabkan rasa sakit ringan, dan beberapa orang mengalami kelemahan otot sementara di daerah yang telah mereka rawat.
  • Operasi. Dalam kasus-kasus ekstrem, ada beberapa opsi bedah terbuka untuk Anda. Ini termasuk terapi gelombang mikro, pengangkatan kelenjar keringat, dan operasi saraf. Pembedahan hanya harus dipertimbangkan ketika dokter Anda menentukan bahwa Anda memiliki kondisi serius yang menyebabkan Anda berkeringat dalam jumlah yang tidak biasa.

Saran dan Kesimpulan

Berkeringat benar-benar alami dan memiliki tujuan. Ada beberapa cara untuk mengurangi keringat, atau menyembunyikan efeknya, jika Anda merasa perlu. Jika Anda merasa berkeringat dalam jumlah besar, konsultasikan dengan dokter Anda.

Posting Komentar

Artikel Terkait